Pegagan Sebagai Tanaman Apotek



rangsangan otak,antanan kapsulDalam bukunya K. Heyne menyebut tanaman pegagan mewakili seluruh apotek. Berlebihan memang, tapi kalau dilihat kegunaannya, pendapatnya itu wajar saja. Pegagan memiliki senyawa asiatikosida, senyawa antilepra yang berguna juga sebagai penyembuh luka, radang tenggorokan, perut, dan usus. Tumbuhan ini kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, dan besi. Juga mengandung tanin yang dapat membantu mengatasi radang usus dan sakit perut.

Seluruh tanaman ini bisa digunakan sebagai pengobatan (Vademekum Bahan Obat Alami, Depkes RI, 1989). Daunnya manjur untuk menyembuhkan luka baru kecil. Daun yang diseduh ternyata bisa untuk mengobati luka-luka karena sifilis dengan mencuci lukanya. Getah dari ternak diberikan tersendiri atau dimasak sebagai sayur bisa dipakai untuk mengobati sakit perut dan cacingan pada anak-anak. Getah dari akar yang dipanaskan bisa untuk membersihkan penanahan atau luka bernanah. Tentang penggunaan dan racikan obatnya bisa dibaca pada buku Tanaman Obat Keluarga 1 terbitan Intisari.

Masih banyak kegunaan pegagan, antara lain mengatasi hipertensi, wasir, mimisan, sakit kepala, menambah nafsu makan, dll. Tapi prinsipnya, ia berkhasiat sebagai antipiretik (penurun demam), diaforetik (perangsang pengeluaran keringat), diuretik (pendorong produksi air seni), serta infeksi.

Penelitian pegagan sebagai antimikroba pun sudah dilakukan. Endang Ariyani dari Fakultas Farmasi UGM, misalnya. Di bawah bimbingan Drs. M. Noordin Arzani dan Dr. Moch. Amin Ramos, Endang meneliti pengaruh pegagan terhadap beberapa bakteri di antaranya Escherichia coli. Sementara Syahnida dari jurusan Farmasi Universitas Andalas meneliti ekstrak pegagan terhadap pertumbuhan beberapa bakteri, di antaranya Salmonella typhi penyebab tifus. Hasilnya positif.

Meski tumbuhan ini liar, ada yang menanamnya di halaman rumah sebagai penutup tanah. Ia suka akan tanah lembap dan cukup sinar matahari. Di pasar juga sering dijual sebagai sayuran. Daun segar rasanya agak pahit dan seperti peterseli. (Yds)



Responses

0 Respones to "Pegagan Sebagai Tanaman Apotek"

Post a Comment

Peluang Usaha