Jika Makanan Pahit Bisa Menyehatkan Tubuh





















Banyak orang tak suka makanan yang pahit rasanya. Rupanya hal ini ada hubungan dengan kondisi lidah tiap orang. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan jumlah sel pengecap di lidah yang menjadi penyebabnya.Banyak orang kurang suka dengan makanan dengan cita rasa pahit. Padahal makanan pahit ternyata mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Simak berbagai makanan pahit yang menyehatkan selengkapnya  berikut ini.


Pare
Banyak orang tidak menyukai rasa pare yang pahit. Rasa pare yang pahit itu berasal dari zat pahit pare saponin. Namun di balik rasa buah pare yang pahit itu, terdapat manfaat dan khasiat terhadap kesehatan tubuh kita. Pare yang masih muda digunakan sebagai obat diabetes, gangguan pencernaaan, obat malaria, penyakit kuning dan bronkhitis. Daun pare juga tidak kalah penting dengan buahnya. Beberapa manfaat daun pare, diantaranya dapat menyembuhkan batuk, menurunkan panas, mematikan cacing kremi, mengobati bisul, dan bermanfaat juga untuk membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan.

Selain buah dan daunnya, bagian pare yang juga bermanfaat untuk mengobati penyakit, adalah akarnya. Akar pare berkasiat untuk mengobati disentri amuba dan wasir. Biji pare sendiri, merupakan atioksidan yang cukup kuat yang dapat menghambat pembentukan sel kanker dan mencegah penuaan dini. Beberapa masalah kesehatan seperti sembelit, gangguan pernapasan, dan kolera juga bisa diredakan dengan mengonsumsi pare.

Daun pepaya

Nafsu makan menurun? Coba konsumsi daun pepaya yang pahit untuk mengembalikan nafsu makan. Daun pepaya ternyata juga ampuh mengatasi katarak, mencegah penuaan, meningkatkan sistem imun, sampai menurunkan risiko kanker.

Kunyit
Rempah dapur yang satu ini memang tidak bisa dimakan secara langsung karena rasanya yang cukup pahit. Kunyit pun dijadikan bumbu beberapa jenis masakan dan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, dan membersihkan darah.

Cokelat hitam
Cokelat hitam murni tanpa gula memiliki cita rasa pahit yang membuat beberapa orang kurang menyukainya. Padahal, cokelat hitam murni tersebut lebih banyak nutrisi dan antioksidan yang menyehatkan tubuh.

Kale
Sayuran hijau kale termasuk salah satu makanan pahit yang menyehatkan tubuh. Bahkan kale bisa dibilang sebagai sayuran tersehat kedua setelah brokoli yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Kale kaya akan vitamin A, C, kalsium, dan antioksidan pelawan kanker.

Itulah beberapa contoh makanan pahit yang menyehatkan tubuh. Mulai sekarang, jangan selalu menghindari makanan pahit karena ternyata ada banyak manfaat kesehatan di dalamnya.

(Sumber: merdeka.com)




Responses

0 Respones to "Jika Makanan Pahit Bisa Menyehatkan Tubuh"

Post a Comment

Peluang Usaha