Kelemahan Obat Kimia



keracunan obat kimia Kecenderungan di seluruh dunia saat ini adalah kembali ke alam, termasuk di bidang obat-obatan. Di bidang obat-obatan maka kecenderungan kemabli ke alam terutama kembali ke obat tradisional tanaman obat. Terdapat beberapa alasan mengapa terdapat kecenderungan kembali ke obat tradisional tanaman obat






Adapun Kelemahan Obat Modern/Obat Kimia :

1. Efek Samping Langsung atau Terakumulasi

Efek samping secara langsung atatu terakumulasi ini terjadi karena obat modern terdiri dari bahan kimia yang murni, baik tunggal atau campuran. Bahan kimia bersifat tidak organis dan kompleks. Dengan demikian, bahan kimia bukan merupakan bahan yang benar-benar cocok untuk tubuh, dan bahan kimia bukan makanan dan bukan minuman. Konsumsi bahan kimia untuk tubuh ‘terpaksa’ dilakukan dengan berbagai batasan dan dengan pemahaman masih dapat diterima atau ditoleransi oleh tubuh. Tetapi penggunaan bahan kimia sebagai obat sekarang sudah secara global dirasakan dan diakui kelemahannya, yaitu menciptakan efek samping langsung atau terakumulasi.

2. Sering Kurang Efektif untuk Penyakit Tertentu

Banyak penyakit yang belum ditemukan obatnya, sehingga obat yang digunakan lebih banyak bersifat simptomatis dan digunakan terus menerus sesuai gejalanya. Beberapa penyakit bahkan belum diketahui penyebabnya. Pasien sering harus berulang-ulang ke klinik dan tidak mengalami banyak kemajuan atau malah memperburuk keadaan.

3. Harga yang Mahal karena Adanya Faktor Impor

Hampir seluruh obat kimia dan bahan baku obat kimia yang kita gunakan merupakan barang impor. Hal ini terjadi karena untuk memproduksi obat dibutuhkan teknologi yang canggih, biaya dan waktu pengujian yang cukup lama. Hal lain yang signifikan yang berpengaruh pada impor yaitu bahwa produksi obat membutuhkan kepercayaan dan sampai saat ini kepercayaan itu sudah dikuasai oleh negara-negara tertentu yang dikenal sebagai produsen obat.


Responses

0 Respones to "Kelemahan Obat Kimia"

Post a Comment

Peluang Usaha